aditya prasetyo
2ea15
10210204
Demokrasi : antara teori dan pelaksanaannya di indonesia
A.pengantar : arti , makna
dan manfaat demokrasi
pada saat ini banyak di
bahas tetang pemilihan langsung kepala daerah dan pilpres dimana rakyat dapat meyampaikan aspirasinya secara langsung
dalam memilih pimpinan daerah yaitu gubernur , walikota atau presiden .
fenomena ini disebut DEMOKRASI demokrasi berasal dari bahasa yunani demos dan
kratos , demos artinya rakyat dan kratos artinya pemerintahan jadi,
pemerintahan yang rakyatnya memegang peranan yang sangan menentukan
manfaat manfaat demokrasi :
1. Kesetaraan bagi warga negara
2. Memenuhi kebutuhan umum
3. Pluralisme dan kompromi
4. Menjamin hak – hak dasar
5. Pembaruan kehidupan sosial
B. Nilai-nilai demokrasi
Kehidupan demokrasi tidak akan
datang, tumbuh dan berkembang dengan sendirinya dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara. Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang terbaik
dibangding dengan sistem lainnya. Untuk menumbuhkan keyakinan akan baiknya
sistem demokrasi, maka harus ada pola perilaku yang menjadi tuntutan atau
norma/nilai-nilai demokrasi yang diyakini masyarakat. Nilai-nilai dari
demokrasi membutuhkan hal-hal berikut:
1. Kesadaran
dan pluralism
Masyarakat yang hidup demokratis harus
menjaga keberagaman yang ada di masyarakat.
2. Sikap
yang jujur dan pikiran yang sehat
Pengambilan keputusan didasarkan pada
prinsip musyawarah mufakat, dan memperhatikan kepentingan masyarakat pada
umumnya.
3. Demokrasi
membutuhkan kerjasama antarwarga masyarakat dan sikap itikad baik.
Demokrasi membutuhkan kerjasama antar
anggota masyarakat, untuk mengambil keputusan yang disepakati semua pihak.
4. Demokrasi
membutuhkan sikap kedewasaan.
Demokrasi mengharuskan adanya kesadaran
adanya dengan tulus menerima kemungkinan kompromi atau kekalahan dalam
pengambilan keputusan.
5. Demokrasi
membutuhkan pertimbangan moral.
Demokrasi mewajibkan adanya keyakinan bahwa
cara mencapai kemenangan haruslah sejalan dengan tujuan dan berdasarkan moral
serta tidak menghalalkan segala cara.
C. Prinsip dan Parameter Demokrasi
Suaru negara atau pemerintahan dikatakan demokratis apabila dalam
sistem pemerintahannya mewujudkan prinsip-prinsip demokrasi. Menurut Robert A
Dahl terdapat tujuh prinsip demokrasi yang harus ada salam sistem pemerintahan,
yaitu:
1. Adanya
control atau kendali atas keputusan pemerintahan.
2. Adanya
pemilihan yang teliti dan jujur
3. Adanya
hak memilih dan dipilih
4. Adanya
kebebasan menyatakan pendapat tanpa ancaman
5. Adanya
kebebasan mengakses informasi
6. Adanya
kebebasan berserikat terbuka
Kebebasan berserikat dan berpolitik sudah dijamin Undang-Undang Nomor
21 Tahun 2001 dan UU Nomor 13 Tahun 2003. Prinsip demokrasi sebenarnya sudah
dikembangkan di Indonesia, namun prinsip tersebut belum optnimal dilaksanakan
atau memerlukan perbaikan dalam pelaksanaannya. Untuk mengukur seberapa jauh
kadar demokrasi dapat dilihat daei empat hal yaitu:
1. Pembentukan
pemerintahan melalui pemilu.
2. Sistem
pertanggungjawaban pemerintahan
3. Pengaturan
sistem dan distribusi kekuasaan negara
4. Pengawasan
oleh rakyat
D. Jenis-jenis Demokrasi
Demokrasi ada beberapa jenis yang disebabkan perkembangan dalam
pelaksanaannya di berbagai kondisi dan tempat.
A. Demokrasi
berdasarkan cara menyampaikan pendapat
1. Dalam
demokrasi langsung rakyat diikutsertakan dalam proses pengambilan keputusan
untuk menjalankan kebijakan pemerintahan.
2. Demokrasi
tidak langsung atau demokrasi perwakilan
Demokrasi ini dijalankan oleh rakyat melalui
wakil rakyat yang dipilihnya melalui pemilu.
3. Demokrasi
perwakilan dengan sistem pengawasan langsung dari rakyat
Demokrasi ini merupakan campuran antara demokrasi
langsung dengan demokrasi perwakilan. Referendum adalah pemungutan suara untuk
mengetahui kehendak rakyat secara langsung. Referendum diklasifikasiin menjadi
tiga:
a. Referendum
wajib
Referendum
ini dilakukan ketika ada perubahan atau pembentukan norma penting dan mendasar
dalam UUD (konstitusi) atau UU yang sangat politis.
b. Referendum
tidak wajib
Referendum
ini dilaksanaan jika dalam waktu tertentu setelah rancangan undang-undang
diumumkan, sejumlah rakyat mengusulkan diadakan referendum.
c. Referendum
konsultatif
Referendum
ini hanya sebatas memintaa persetujuan, karena rakyat tidak mengerti
permasalahannya, pemerintah meminta pertimbangan pada bidang tertentu yang
berkaitan dengan permasalahan tersebut.
B. Demokrasi
berdasarkan titik perhatian atau prioritas
1. Demokrasi
formal
Demokrasi
ini secara hukum menempatkan semua orang dalam kedudukan yang sama dalam bidang
politik, tanpa mengurangi kesenjangan ekonomi.
2. Demokrasi
material
Demokrasi
material memandang manusia mempunyai kesamaan dalam bidang sosial-ekonomi,
sehingga persamaan bidang politik tidak menjadi prioritas.
3. Demokrasi
campuran
Demokrasi
ini merupakan campuran dari kedua demokrasi tersebut di atas.
C. Berdasarkan
prinsip ideologi
1. Demokrasi
liberal
Demokrasi
ini memberikan kebebasan yang luas pada individu
2. Demokrasi
rakyat atau demokrasi proletar
Demokrasi
ini bertujuan untuk menyejahterakan rakyat
D. Berdasarkan
wewenang dan hubungan antar alat kelengkapan negara
1. Demokrasi
sistem parlementer
Cirri-ciri
pemerintahan parlementer antara lain:
a. DPR
lebih kuat daripada pemerintah
b. Kepala
pemerintahan atau kepala eksekutif disebut perdana menteri dan memimpin cabinet
dengan sejumlah mentri yang bertanggung jawab kepada DPR
c. Program
kebijakan cabinet disesuaikan dengan tujuan politik negara.
d. Kedudukan
kepala negara terpisah dari kepala pemerintahan, biasanya hanya berfungsi
sebagai symbol negara.
e. Jika
pemerintah dianggap tidak mampu, maka anggota DPR dapat mosi tidak percaya
kepada parlemen untuk membubarkan pemerintah.
2. Demokrasi
sistem presidensial
Cirri-ciri
pemerintahan yang menggunakan sistem presidensial adalah sbb:
a. Negara
dikepalai presiden
b. Kekuasaan
eksekutif presiden dijalankan berdasarkan kedaulatan yang dipilih dari dan oleh
rakyat langsung atau melalui badan perwakilan.
c. Presiden
mempunya kekuasaan mengangkat dan memberhentikan menteri.
d. Menteri
tidak bertanggung jawab kepada DPR melainkan kepada presiden.
E. Pelaksanaan
Demokrasi di Indonesia
Ada empat macam demokrasi yang pernah
diterapkan dalam kehidupan ketatanegaraan kita, yaitu:
a. Demokrasi
Parlementer (Liberal)
Pada
masa berlakunya Demokrasi Parlementer (1945-1959), kehidupan politik dan
pemerintahan tidak stabil, sehingga program dari suatu pemerintah tidak dapat
dilaksanakan dengan baik dan berkesinambungan.
b. Demokrasi
Terpimpin
Demokrasi
terpimpin lahir dari keinsyafan, kesadaran, dan keyakinan terhadap keburukan
yang diakibatkan dari praktik demokrasi parlementer yang melahirnya terpecahnya
masyarakat, baik dalam kehidupan politik maupun dalam tatanan kehidupan ekonomi
c. Demokrasi
pancasila pada era orde baru
Latar
belakang munculnya demokrasi pancasila adalah adanya berbagai penyelewengan dan
permasalahan yang dialami bangsa Indonesia pada masa berlakunya demokrasi
parlementer dan demokrasi terpemimpin.
d. Demokrasi
langsung pada Era Orde Reformasi
Orde
reformasi ini merupakan consensus untuk mengadakan demokratis dalam segala
bidang kehidupan. Demokrasi yang dijalankan pada masa reformasi ini masih tetap
demokrasi pancasila. Perbedaannya terletak pada aturan pelaksanaan dan praktik
penyelenggaraan. Berdasarkan peraturan perundang-undangan dan praktik
pelaksanaan demokrasi, terdapat beberapa perubahan pelaksanaan deokradi pada
Orde Reformasi sekarang ini, yaitu:
-
Pemilihan umum lebih demokratis
-
Partai politik lebih mandiri
-
Pengaturan hak asasi manusia
-
Lembaga demokrasi lebuh berfungsikonsep trias
politika (3pilar kekuasaan negara) masing-masing bersifat otonom penuh.
Kegagalan demokrasi pancasila
zaman orde baru , bukan berasal dari kosen dasar demokrasi pancasila, melainkan
lebih kepada praktik atau pelaksanaan yanh mengingkari keberadaan demokrasi
pancasila itu.
Demokrasi pancasila hanya akan
dapat dilaksanakan dengan baik apabila nilai nilai yang terkandung di dalamnya
dapat di pahami dan dihayatisebagai nilai nilai budaya politik yang
mempengaruhi sikap hidup politik pendukungnya.
Kegagalan demokrasi pancasila
pada zaman orde baru membuat banyak penafsiran mengenai asas demokrasi, belajar
dari pengalaman itu, dalam era reformasi perlu penataan ulang penegasan kembali
arah dan tujuan demokrasi pancasila , menciptakan perasaan dan saran yang di
perlukan dari bagi pelaksanaan demokrasi pancasila,
F. Mengembangkan
sikap demokrasi
Bangsa Indonesia saat ini pada
era reformasi, sedang belajar menunjang tinggi nilai nilai demokrasi. Untuk
mengembangkan sikap demokrasi, maka proses pembelajaraan dan pendidikan akan
lebih efektif bila di mulai daridalam keluarga dan dalam dunia pendidikan
formal, berikut ini adalah panduan yang dapat membantu orang tua menanamkan
nilai nilai demokrasi dalam diri anak :
o
Memberikan
perhatian khusus dengan serius pada anak yang sedang berusaha
menyampaikan perasaan , pendapat atau cerita dengan cara memandangnya ,dan
jangan sampai memutuskan pendapat sebelum anak menyelesaikan pendapat
o
Mengusahakan menajadi pemmbicara yang baik, usaha
untuk mendengarkan pembicaraan anakk anak dengan kontak mata serta memberikan
ekspresi yang sesuai
o
Memberikan kesempatan memperbaiki sebelum
memberikan sanksi. Sebelum memberikan hukuman, berikan kesempatan pada anak
untuk menjelaskan duduk persoalannya, kemudian berikan hukuman yang sesuai
dengan kesalahannya disertai penjelasan mengapa hukuman tersebut harus di
berikan
o
Menghormati anak, anak anak haru dihormati dan
menghindari kesan memerintah dalam memita si anak untuk melakukan sesuatu.
o
Melibatkan anak dalam pengambilan keputusan,
mengembangkan demokrasi dengan melibatkan anak dalam pengembilan keputsan
seperti misalnya dalam menentukan menu makan , tujuan reaksi program TV dan VCD, yang sesuai dengan usia
mereka , untuk menghindari kesan mendikte
Ada beberapa hal khusus yang
perlu di perhatikan oleh para guru dan
dosen ,yaitu :
o
Menjadikan siswa dan mahasiswa sebagai subjek
atau teman dalam proses belajar atau perkuliahan , memberikan siswa dan
mahasiswa kesempatan untuk mengungkap pendapatnya sendiri dalam menjawab suatu
pertanyaan
o
Sebagai pendidik baik guru maupun dosen,
sebaiknya belajar untuk berlapang dada dalam menerima kritik murid , usahakan
kritik dianggap sesuatu yang wajar terjadi, dan sebagai koreksi unutk
memperbaiki kinerja guru dan dosen.
o
Guru dan dosen mengembangkan siakp adil ,
terbuka, konsisten, dan bijaksana dalam memberikan hukuman kepada murid, dan
mahasiswa yang bersalah
o
Guru dan dosen sebaiknya menghindari mencaci maki
atau memarahi murid dan mahasiswa di hadapan teman – temannya, karena harga diri mereka akan teroyak
Hal hal yang perlu di perhatikan oleh sisw2a dan mahasiswa adalah
sebagai berikut :
·
Aktif mengungkapkan ide , gagasan dan pikirannya
kepada guru dan dosen
·
Siswa dan mahasiswa mempunyai motivasi agar lebih
maju dan dewasa
·
Mengembangkan kepekaan terhadap lingkungan
sekitar
·
Mempunyai kemampuan untuk belajar untuk
mengetahui ( to know ) untuk melakukan sesuatu ( to do ), dan menjadi diri
sendniri ( to be ) dan untuk hidup
bersama
·
Mempunyai kemauan untuk belajar beroganisasi
melalui wadah yang ada di sekolah dan perguruan tinggi
Hal hal yang perlu di perhatikan oleh masyarakat dan pemerintah proses
belajar demokrasi antara lain :
·
Mendidik masyarakat untuk bersikap dewasa
·
Mengembangkan sikap ksatria dengan mengakui
kekalahan, atau bersikap siap menang dan siap kalah
·
Menggunaka mekanisme demokrasi untuk mencari
titik perbedaan pendapat
·
Mengembang sikap yang sensitive dan epati
terhadap kepentingan rakyat yang lebih
bagus
·
Mengembangkan kerja sama antara anggota
masyarakatr dengan pikiran yang lodiis dan itikad baik
·
Mengembang masyarakat uhntuk aktid dala
memberikan pengawasan
Dengan perhatian tua, tua dan
dosen terhadap hal hal tersebut, diharapkan proses demokrasi dapat berjalan
dengan baik dan alamiah, sehingga tercipta siswa dan mahasiswa serta masyarakat
yang bertanggung jawab
G. Kajian
Kasus Untuk Demokrasi : antara teori dan pelaksanaannya Indonesia
Koisi yudisial yang baru
beberapa hari dilantik presiden susilo bambang yudhoyono (SBY ) ,akan mendap
pekerjaan perdana . dan pekerjaan ini tentu akan menjadi perhatian masyarakat,
aparat penegak hukum, politikus , pengamat, politik, dan sebagainya
Kota depok yang meruakan pintu
gerbang DKI Jakarta pada kamis ( 4/8) dibuat gelisa dengan adanya pemberitaan
bahwa pengedilan tinggi ( PT )jawa barat memenangkan gugatan badrul kamal untuk
menjadi wali kota depok dan menggugurkan kemenang nur muhmudi ismail.
Masyarakat bingung karena kemenangan yang dianulir pengadilan itu tidak jelas
asal mualanya.
Banyak Kejanggalan
PT jawa barat pada kamis (4/8)
membuat keputusan dengan menganulir (membatalkan ) kemenangan nur mahmudi –
yuyun wirasaputra dalam pilkada kota depok dan kemengangan pasangan badrul
kamal – syihabuddin. Disamping itu, ada keanehan dalam proses pradilan ,satu
orang anggtoa majelis hakim yang dinilai vocal tiba tiba dig anti di tengah
proses persidangan “ dan yang juga cukup penting , proses peradilan dinilai
tidak fair kerena tim nur muhmudi tidak di beri kesempatan menyampaikan bukti
bukti. Sebab mmeski gugatan yang diajukan pihak badrul kamal kepada KPUD, yang
terkena dampaknya adalah nur mahmudi.
Terjadi Konsipasi
Ketua DPC PKS sukmajaya fuad
suhandiyo dalam orasi mengatakan , putusan hakim tersebut mencerminkan adanya
indikasi permainan uang , karena bisa mengubah hasil pilkada koda depok . senada dengan itu ,
tokoh gerakan pemuda marhean, wing iskandar, mengungkapkan mungkin saja telah
tejadi konspirasi, “ sejak awal persiapan pilkada kota depok “ .
“memang pada awalnya terkesan
bahwa dalam pilkada kallah oleh pesaing utamanya , nur mahmudi ismail, lalu
muncul isu isu yang sengaja dibuat bahwa badrul di curangin disakiti, dan
disakiti dan di kerjai lawan nya “, katanya, dengan demikian , lanjutnya ,
masyarakat depok merasa ibaterhadap badrul dan pasangannyam shihabuddin achmad,
langsung menggugat KPUD dengan menyetakan telah terjadi kecurangan dalam
penghitungann suara. Disamping itu , pantia pengawas degan partai penegak
demokrasi Indonesia . di samping itu panitia daerah sebagian yang di pasang
badrul ( saat itu masih jadi wali kota
depok ) adalah orang oran gkepercayaan yang bisa diatur , belum lagi di KPU
depok yang di gugat badrul . hal itu terlihat saat putusan itu, padahal , dia
kan bisa menjawab m tidak terima dan akan melakukan uoaya huku, ke komisi
judicial atau ke mahkamah konstitusi. Pemantau pilkada jelas jelas sudah di
bayar . khusus KPU dan pengacarea yang ada dalam persidangan juga terkesan
sebagai delagan belaka.
Sudah Final
Jadi, ini pekkerjaan perdana
buat komisi yudisial, dan sudah tentu sebagaian besar masyarakat kota depok
yang sudah memilih nur mahmudi ismasl akan merasa puar atas apa pun yang
dihasilkannya , “ apalagi kalau mahkama konstitusi juga turun tangan dengan
memeriksa berbagai surat yang di keluarkan KPUD, panwasda , DPRD, terasuk surat
keputusan dari pengadilan tinggi jawa barat” ungkap wing
Walaupun dalam UU
no.32/2004 tentang pemda, bahwa
keputusan pengadilan tinggi tentang sengketa pilkada bersifat dinal dan
mengikat , namun ketua MA bagirmanan mempersilakan KPUD depok dan nur mahmudi
ismail melalui pengacara adnan buyung melakukan upaya PK ( peninjau kembali )
ke MA , hasilnya MA mengabulkan PK
tersebut dan kembali memenangkan nurmahmudi .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar